Bahaya Pembalut Wanita

Dampak Penggunaan Pembalut Berbahan Dioksin

Pengertian Dioksin

Dioksin adalah bahan yang dapat mencemari  lingkungan. Dioksin merupakan bahan yang sangat beracun. Beberapa penelitian membuktikan bahwa dioksin dapat menjadi bahaya pembalut wanita sejumlah organ dan sistem organ pada makhluk hidup. Dioksin yang telah masuk ke dalam tubuh dapat bertahan lama karena memiliki stabilitas kimia dan kemampuan untuk diserap oleh jaringan lemak. Selanjutnya, dioksin akan disimpan dalam tubuh. Waktu paruh dioksin di dalam tubuh diperkirakan 7-11 tahun. Dioksin ini cenderung menumpuk dalam rantai makanan, dimana konsentrasinya menjadi  semakin tinggi ketika posisinya dalam rantai makanan semakin tinggi.

Nama kimia dioksin yaitu tetrachlorodibenzo para dioksin (TCDD). Nama “dioksin” juga sering digunakan untuk keluarga poliklorinasi dibenzo dioksin (PCDDs) dan poliklorinasi dibenzofurans (PCDFs) karena memiliki kemiripan struktur kimia. Saat ini telah ada 419 senyawa sejenis dioksin yang telah diidentifikasi. Akan tetapi, yang dianggap memiliki toksisitas yang signifikan atau jenis paling beracun hanya sekitar 30 jenis diantaranya .

Hubungan antara Pembalut wanita dan dioksin

Para wanita perlu berhati-hati terhadap pembalut atau diaper yang mungkin terkontaminasi oleh dioksin. Oleh karena itu, para wanita haru mencari tahu tentang kualitas produk yang digunakan pada pembalut atau diaper.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menguji kualitas pembalut.

  1. Pertama, sobek pembalut yang biasa Anda gunakan dan ambil bagian inti dalamnya.
  2. Kedua, ambil segelas air putih dengan menggunakan gelas transparan sehingga terlihat lebih jelas.
  3. Ketiga, ambil sebagian dari lembaran inti pembalut Anda, lalu celupkan ke dalam air tersebut serta aduk dengan sumpit.
  4. Keempat, lihat perubahan warna air yang terjadi, dimana pembalut yang higenis tidak akan menyebabkan perubahan warna air (air tetap jernih).
  5. Kelima, lihat apakah produk tersebut tetap utuh atau hancur seperti pulp. Jika produk tersebut hancur dan airnya keruh, maka produk tersebut kurang berkualitas dan banyak mengandung zat pemutih atau dioksin).

Dioksin Penyebab Kanker Serviks

Zat dioksin akan dilepaskan melalui proses penguapan ketika darah haid yang bersifat panas dan jatuh ke permukaan pembalut. Pada awalnya, uap tersebut akan mengenai permukaan vagina yang kemudian diserap ke dalam rahim melalui saluran Serviks. Proses ini akan berlanjut terus hingga zat dioksin tersebut masuk ke uterus melalui tuba fallopi dan berakhir di ovarium. Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya kanker leher rahim (kanker serviks), gatal2, myoma, dan penyakit lainnya.

NATESH merupakan pembalut dan pantyliner yang terbuat dari bahan berkualitas serta telah terbukti tidak mengandung dioksin.

Baca Juga:

Hubungi Kami

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi Produk

Bpk Lerry

0818 0302 5713

PIN BBM: 73E75FD4

(Jam 11.00-22.00 WIB)

Bpk. Raharjo Oetomo

0817 0378 1988

(Jam 08.00 - 18.00 WIB)

Pesan Sekarang Juga !!