Gejala Kanker Rahim

Waspadai Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

Kanker merupakan salah satu penyakit ganas yang dapat membunuh manusia. Kanker adalah penyakit tubuh yang terjadi karena akibat kerusakan sel. Kerusakan sel itu sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti obat-obatan, makanan, pola hidup maupun infeksi virus.

Proses Terjadinya Kanker

Sel-sel dalam tubuh memiliki umur, dimana sel-sel tersebut akan menua lalu mati dan hancur. Sel tersebut tidak bisa mati dan hancur karena terjadi kelainan, seperti infeksi virus.

Akibatnya, sel tua yang sebenarnya sudah tidak berfungsi itu malah membelah diri dan menjadi sangat banyak jumlahnya. Pembelahan itu bukan untuk menghasilkan sel baru yang muda dan bagus, tetapi menghasilkan sel tua serupa yang tidak berguna. Pembelahan sel tua yang terjadi secara terus-menerus akan menyebabkan penumpukan sel tua. Sel-sel rusak inilah yang kemudian menjadi penyakit kanker.

Jenis penyakit kanker ini sangat banyak, mulai dari kanker darah, kanker payudara, kanker kulit, dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini akan dibahas secara khusus mengenai kanker serviks. Kaum wanita harus berhati-hati terhadap penyakit kanker rahim atau sering disebut juga kanker serviks. Penyakit kanker ini disebabkan oleh virus human papilloma virus (HPV) yang menyerang leher rahim. Hal ini ditunjukkan dengan penelitian yang memamparkan bahwa lebih dari 70% kanker rahim atau kanker serviks disebabkan oleh human papilloma virus (HPV).

Berikut ini merupakan faktor-faktor gejala kanker rahim atau kanker serviks.

  1. Human papilloma virus (HPV), virus yang menular melalui hubungan seksual.
  2. Faktor keturunan
  3. Zat kimia makanan
  4. Merokok
  5. Hubungan seks pada usia dini.
  6. Gangguan sistem kekebalan tubuh.
  7. Pemakaian pil KB.
  8. Suka berganti pasangan seksual.
  9. Infeksi herpes genitalis.a
  10. Faktor psikologis, seperti depresi dan stress.

Pada mulanya, perkembangan penyakit kanker rahim atau kanker serviks ini dapat berupa lesi kanker atau pembakal kanker. Perubahan pra-kanker ini biasanya tidak terdeteksi atau tanpa disertai gejala. Akan tetapi, hal ini bisa saja dideteksi jika para wanita rajin memeriksakan panggulnya. Pemeriksaan panggul ini biasa disebut pap smear. Gejala kanker serviks atau kanker rahim baru akan timbul saat sel serviks yang tidak normal berubah menjadi ganas. Gejala ini juga disertai dengan penyusupan pada jaringan di sekitarnya.

Adapun gejala kanker rahim atau kanker serviks, yaitu:

  1. Pendarahan pada vagina
  2. Keputihan
  3. Gangguan menstruasi

 

Sel kanker yang berkembang lebih lanjut akan menimbulkan gejala-gejala sebagai berikut:

  1. Nafsu makan berkurang
  2. Keluar air kemih dan tinja dari vagina
  3. Nyeri panggul, punggung, dan tungkai
  4. Patah tulang

 

—————————————————————————————————————

Apakah Anda mengalami keluhan organ intim seperti keputihan, nyeri saat haid, bau tidak sedap, cairan berlebih, dsb?? Mulailah dengan mengganti pembalut Anda dengan NATESH dan gunakan pantyliner NATESH setiap hari.

Baca Juga :

Hubungi Kami

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi Produk

Bpk Lerry

0896 1496 8088

PIN BBM: 73E75FD4

(Jam 11.00-22.00 WIB)

Bpk. Raharjo Oetomo

0817 0378 1988

(Jam 08.00 - 18.00 WIB)

Pesan Sekarang Juga !!