Kelamin Wanita

Penyebab dan Gejala Penyakit Kelamin Wanita

Setiap orang perlu mengetahui macam-macampenyakit kelamin wanita agar mampu mengenal dan mewaspadainya. Hal ini sangat penting agar setiap penderita bisa segera memeriksakan diri untuk memelihara kesehatannya, khususnya bagi keamanan hubungan seksualnya. Saat ini, banyak sekali macam penyakit kelamin yang timbul akibat semakin merebaknya gaya hidup bebas dan variasi hubungan seks yang tidak normal. Berikut ini merupakan macam-macam penyakit kelamin yang sering dijumpai pada penderita.

Infeksi Jamur

Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang biasanya menyebabkan rasa gatal.  Pada wanita, rasa gatal ini datang bersama dengan keputihan. Sedangkan para pria, rasa gatal ini timbul di bawah kulit pria yang tidak disunat. Penyakit ini dapat diobati dengan mudah.

Gonorrhea dan Chlamyda

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang akan bekerja dan menimbulkaninfeksidalam beberapa hari atau beberapa minggu kemudian setelah seseorang melakukan hubungan seksual dengan penderita. Penyakit ini bisa menyebabkan kemandulan pada wanita dan gejalanya jarang dirasakan. Sementara pada pria, penyakit ini ditandai dengan munculnya cairan dari kemaluannya dan sering merasa sakit saat buang air kecil. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan antibiotik bila dilakukan pengobatan dini. Masa inkubasi penyakit gonorrhoe mencapai 2 sampai 10 hari.

Herpes Genitalis

Penyakit ini disebabkan oleh virus dengan gejala yang baru akan terlihat beberapa hari setelah melakukan hubungan seksual. Gejala awalnya biasa dimulai dengan rasa gatal di sekitar alat kemaluan diikuti dengan munculnya lepuh kecil yang sakit. Gejala tersebut  kadang juga timbul di paha dan pantat. Pada wanita, lecet ini terjadi di vagina sehingga seringkali wanita tidak mengetahui bahwa mereka menderita herpes. Penyakit herpes genitalis memiliki masa inkubasi hingga 10 hari.

Syphilis atau Raja Singa

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang baru muncul gejalanya setelah beberapa minggu, bahkan bulan, setelah seseorang melakukan hubungan seksual dengan penderita. Penyakit ini ditandai dengan luka yang terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepian lebih tinggi atau hanya lecet-lecet.

Masa inkubasi syphilis mencapai 9 sampai 90 hari. Penyakit ini didiagnosa dengan analisa darah dan contoh cairan dari setiap lepuhan. Penyakit ini biasanya diobati dengan serangkaian suntikan selama dua minggu.

Bisul atau Kutil

Penyakit ini disebabkan oleh virus Human Papilloma  atau HPV. Gejala penyakit ini ditandai dengan munculnya bisul atau benjolan dalam kurun waktu sebulan sampai setahun setelah melakukan hubungan seksual dengan penderita. Bisul ini pada umumnya tidak dapat terlihat pada wanita karena terletak di dalam vagina atau pada pria karena terlalu kecil. Namun, penyakit ini bisa menjadi kanker serviks jika mengalami pertumbuhan sel abnormal.

AIDS atau HIV

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Gejalanya tidak dapat dilihat secara kasat mata. Akan tetapi, kekebalan tubuh penderita akan menurun sehingga mudah terserang berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini hanya dapat diketahui dengan melakukan tes laboratorium.

Selain macam-macam penyakit di atas, masih banyak lagi macam penyakit kelamin yang telah menyerang siapa saja. Oleh karena itu, hindari gaya hidup bebas dan selalu usahakan pola hidup sehat.

Baca Juga:

Hubungi Kami

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi Produk

Bpk Lerry

0818 0302 5713

PIN BBM: 73E75FD4

(Jam 11.00-22.00 WIB)

Bpk. Raharjo Oetomo

0817 0378 1988

(Jam 08.00 - 18.00 WIB)

Pesan Sekarang Juga !!