Zat Dioxin

Bahaya Paparan Dioksin

Sampai saat ini, dunia telah mencatat beberapa kasus tentang dampak penggunaan dioksin. Beberapa Negara telah melakukan pengawasan suplai makanan mereka terhadap dioksin. Hal ini dilakukan dengan melakukan deteksi dini terhadap kontaminasi dioksin untuk mencegah dampak negatif pada skala yang lebih besar.

Berikut ini merupakan beberapa kasus terkait dengan penggunaan dioksin.

1. Belanda

Pada tahun 2004, negara ini melakukan deteksi peningkatan kadar dioksin pada susu dan melacak tanah liat yang digunakan dalam produksi pakan ternak. Pada kasus lain, peningkatan kadar dioksin juga terdeteksi dalam pakan hewan di Belanda pada tahun 2006. Hal ini dapat diidentifikasi dari lemak yang terkontaminasi yang digunakan dalam produksi pakan ternak.

2. Irlandia

Selain itu, Negara Irlandia juga pernah menarik produk daging babi yang terdeteksi mengandung dioksin 200 kali diatas batas aman pada akhir tahun 2008.

3. Belgia

Pada tahun 1999, ditemukan tingkat dioksin yang sangat tinggi pada unggas dan telur yang berasal dari Belgia. Selain itu, beberapa negara lain juga mendeteksi adanya kontaminasi dioksin pada makanan hewani (unggas, telur, daging babi). Hal ini disebabkan oleh penggunaan pakan ternak yang terkontaminasi dengan limbah industri minyak berbasis PCB yang dibuang secara ilegal.

4. Jerman

Pada Maret 1998, tingkat dioksin yang tinggi dalam susu terlacak pada pelet pulp jeruk yang digunakan sebagai pakan ternak. Produk yang dijual di Jerman tersebut diekspor dari Brazil. Dengan adanya kasus tersebut, Uni Eropa dilarang mengimpor semua imporpulp jeruk dari Brasil.

Dampak paparan dioksin pada kesehatan manusia

1. Dampak Jangka Pendek

Dalam jangka pendek, dioksin dengan kadar tinggi dapat menyebabkan lesi kulit, seperti chloracne (sejenis jerawat akibat paparan senyawa halogen) dan penggelapan warna kulit, serta gangguan fungsi hati.

2. Dampak Jangka Panjang

Dalam jangka panjang, dioksin dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh, perkembangan sistem saraf, sistem endokrin dan fungsi reproduksi. Dioksin bahkan telah mengakibatkan beberapa jenis kanker pada hewan. Golongan paling sensitif terhadap paparan dioksin adalah janin yang sedang berkembang dan bayi baru lahir. Selain itu, beberapa individu juga dapat terkena paparan dioksin pada tingkat yang lebih tinggi melalui diet atau pekerjaan mereka, seperti pekerja di industri pulp dan kertas.

Anda mencari pembalut yang tidak mengandung dioksin?? NATESH Solusinya!!

Baca Juga :

Hubungi Kami

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi Produk

Bpk Lerry

0896 1496 8088

PIN BBM: 73E75FD4

(Jam 11.00-22.00 WIB)

Bpk. Raharjo Oetomo

0817 0378 1988

(Jam 08.00 - 18.00 WIB)

Pesan Sekarang Juga !!